Tips pulang kampung bagi pengidap rematik

  • On May 16, 2019 ·
  • By ·
Tips pulang kampung bagi pengidap rematik

Pulang ke rumah telah menjadi tradisi tahunan yang dilakukan sebelum kedatangan Idul Fitri. Meski begitu, perjalanan panjang yang dihabiskan dengan duduk berjam-jam dapat membuat tubuh sakit dan pegal. Terutama bagi Anda yang menderita radang sendi, karena kondisi ini dapat membuat Anda lebih cepat lelah daripada pasangan di rumah. Jadi, mari simak saran-saran berikut untuk pulang selama rematik!

Tips pulang kampung bagi pengidap rematik


Kiat tentang cara pulang selama rematik sehingga perjalanannya bebas rasa sakit
1. Buat rencana perjalanan

pasien kemoterapi berlibur

Terutama jika Anda memiliki penyakit tertentu, Anda tidak dapat melakukan perjalanan tiba-tiba. Dari kejauhan, pertimbangkan kapan Anda akan pulang dan pulang, yang merupakan transportasi bolak-balik yang Anda gunakan, berapa lama Anda memperkirakan perjalanan, rencana perjalanan, dan titik istirahat.

Merencanakan perjalanan yang matang dapat meminimalkan terjadinya skenario terburuk yang dapat menyebabkan rematik. Misalnya, duduk terlalu lama di dalam mobil karena terjebak kemacetan atau tersesat dapat membahayakan hidup Anda dan memperburuk gejala radang sendi.
2. Tentukan waktu keberangkatan

pulang bersama orang tua

Pilih waktu yang tepat untuk mulai pulang ke rumah jika Anda menderita radang sendi. Perlu dicatat, gejala rematik cenderung kambuh di pagi hari dan saat dingin. Kemudian, atur waktu keberangkatan agar perjalanan Anda nyaman dan rematik tidak berulang saat mengemudi.

Mungkin alih-alih pergi lebih awal di pagi hari, Anda bisa pergi di sore hari setelah berbuka puasa sehingga Anda bisa makan dan minum untuk mengisi energi dalam perjalanan pulang.
3. Siapkan obat-obatan dan kebutuhan khusus

saran untuk kepulangan, pasien dengan multiple sclerosis

Selain menyiapkan kebutuhan pribadi seperti mengganti pakaian, peralatan mandi, dll., Jangan lupa membawa kursi roda atau tongkat, jika perlu, sehingga Anda dapat bergerak dengan bebas pada saat kedatangan.

Ini juga membawa obat rheumatoid yang biasanya Anda gunakan. Bahkan jika perlu, Anda dapat minum obat dalam jumlah lebih banyak dari biasanya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kemudian, Anda dapat menyimpan obat-obatan di tempat yang berbeda di masing-masing bagasi atau bagasi Anda, agar lebih mudah dikonsumsi saat dibutuhkan.

Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk mengetahui batasan apa yang harus Anda hindari dalam perjalanan panjang. Dokter juga dapat menyesuaikan obat yang akan diambil dengan kondisi dan jarak perjalanan.
4. Pertahankan resistensi sebelum pulang

manfaat glutathione

Tidak hanya “perintis” bolak-balik yang harus Anda persiapkan dengan hati-hati, tetapi stamina dan kondisi tubuh Anda sama pentingnya bagi Anda agar perjalanan Anda tetap berjalan lancar.

Jauh sebelum hari keberangkatan, Anda harus lebih memperhatikan diet harian Anda, beristirahat dan berlatihlah dengan ringan untuk mempertahankan daya tahan selama mudik nanti.
5. Cukup untuk nutrisi dan cairan tubuh

minum air

Menjelang hari keberangkatan, bolak-balik, cobalah memenuhi kebutuhan nutrisi makanan sehat dan sumber minuman saat sahur dan berbuka puasa.

Bukan hanya karena Anda meremehkan konsumsi makanan dan minuman selama puasa, Anda mengurangi kekuatan tubuh Anda yang dapat mengganggu perjalanan Anda pulang.

Tidak hanya berlaku sebelum hari keberangkatan, tetapi juga kebutuhan nutrisi dan cairan penting untuk pemenuhan Anda selama perjalanan.
6. Kelola stres

tubuh sakit setelah stres

Kemacetan lalu lintas, penumpang angkutan umum yang penuh sesak dan berbagai masalah lain mungkin timbul selama perjalanan Anda pulang. Grace Wright, seorang rheumatologist, mengatakan bahwa stres selama perjalanan dapat menyebabkan gejala rematik berulang yang semakin memburuk. Jika suatu kondisi mulai menyebabkan stres, cari penyelam lain sebanyak mungkin, misalnya dengan mencoba lebih menikmati perjalanan.

Dengan cara ini, ketika Anda pulang ke rumah ketika rematik tidak panik, bawalah barang-barang yang dapat membantu Anda menghilangkan stres. Misalnya, membaca buku, mendengarkan musik atau bermain game. Dari waktu ke waktu, lihat ke luar jendela dan lihat pemandangan sekitarnya saat Anda menarik napas dalam-dalam dan menjernihkan pikiran sejenak.
7. Hindari terlalu lelah saat bepergian

Penyebab kelelahan segera setelah makan

Nyeri sendi akibat rematik dapat membuat tubuh sakit dan merasa lelah selama perjalanan. Jadi luangkan waktu untuk menyelinap ke tempat istirahat setidaknya 2-3 jam, dan keluar dari mobil untuk berjalan-jalan dan berbaring.

Baca juga: