Pentingnya Melakukan Pendinginan Setelah Olahraga

  • On January 12, 2020 ·
  • By ·
Pentingnya Melakukan Pendinginan Setelah Olahraga

Pendinginan pasca-latihan direkomendasikan oleh para profesional kesehatan. Karena itu, manfaat pendinginan pasca-latihan sering dibahas untuk mencegah risiko cedera pada otot-otot tubuh. Namun, seberapa pentingkah menjadi dingin setelah berolahraga? Apakah ada manfaatnya besar?

Mengapa Anda harus tenang setelah berolahraga?

Menurut Dewan Amerian tentang Latihan, pengondisian atau peregangan setelah latihan adalah penting. Mengapa ini penting? Dampaknya tidak hanya membantu mencegah cedera, tetapi juga bisa membantu mengatasi rasa sakit yang datang sesudahnya.

Ketika Anda berolahraga, otot-otot tubuh Anda akan terasa hangat karena gerakan dan kecepatan saat Anda berolahraga. Nah, fungsi dingin ini adalah untuk meningkatkan tingkat aktivitas otot sehingga mereka tidak sobek dan terluka dalam kondisi hangat. Dengan mendinginkan tubuh secara teratur setelah berolahraga, Anda juga dapat mengurangi nyeri otot yang biasanya muncul dalam 1 atau 2 hari setelah berolahraga.

1. Membantu mengurangi kelelahan otot
Ketika Anda berolahraga, asam laktat terbentuk di otot-otot Anda, asam laktat sering menyebabkan nyeri otot dan kelelahan. Dengan pendinginan, otot akan siap untuk menurunkan suhu ke aktivitas normal dan rasa sakit akan pulih lebih cepat.

2. Latihan peregangan
Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari kedinginan adalah melatih dan meningkatkan kelenturan otot dalam tubuh. Fleksibilitas dan fleksibilitas otot penting jika Anda senang berolahraga atau berolahraga setiap hari.

Ini juga mempengaruhi usia tubuh Anda. Seiring bertambahnya usia, otot dan persendian tubuh tetap lemah dan lemah. Jadi pekerjaan rutin seperti pendinginan atau melakukan pijatan pasca-latihan diperlukan untuk mengurangi kekakuan otot.

3. Mencegah stres di tubuh dan pikiran
Tubuh dan otot tidak hanya mendapat manfaat, pikiran Anda juga dapat merasakan manfaat dari flu. Jika Anda meregangkan tubuh saat bernapas dengan benar setelah berolahraga, itu berarti Anda menyatukan tubuh, perasaan, dan pikiran Anda.

Kemudian, dengan setiap napas yang dilepaskan untuk menjadi dingin, tubuh berbaring sambil mengatasi gatal dan rasa sakit di tubuh. Penyatuan antara pikiran dan tubuh ini telah diidentifikasi sebagai penting untuk relaksasi dan stres. Juga, saraf di otak Anda dan seluruh tubuh Anda akan terasa lebih tenang jika Anda melakukan peregangan setiap hari.

Pendinginan seharusnya tidak dilakukan dengan sia-sia
Sekarang setelah Anda tahu betapa pentingnya untuk menenangkan diri setelah latihan, ada beberapa hal yang perlu diingat. Sebelum melakukan olahraga, Anda perlu melakukan pemanasan dan meregangkan otot-otot Anda setelah menyelesaikan olahraga. Kedua hal ini harus dilakukan secara seimbang, seperti sebelum latihan.

Kemudian, pendinginan bisa dilakukan dengan cara yang lembut. Hindari dengan membuat gerakan melompat atau bergerak lebih cepat. Jangan lupa untuk mengambil napas dalam-dalam untuk merasakan tubuh saat melakukan peregangan. Disarankan untuk mendinginkan hanya 3-5 menit setelah berolahraga.

Baca Juga :