Mengapa sumber vitamin B perlu dikonsumsi

  • On August 17, 2019 ·
  • By ·
Mengapa sumber vitamin B perlu dikonsumsi

Di antara banyak jenis vitamin, vitamin B adalah kelompok nutrisi yang memiliki peran penting untuk berbagai organ dan sistem tubuh.Mengingat berbagai manfaat bagi tubuh, pastikan Anda perlu mengonsumsi sumber vitamin B ini setiap hari .


Vitamin B adalah salah satu vitamin yang Anda butuhkan untuk kesehatan. Alasannya adalah karena tidak dapat dipisahkan karena berbagai fungsi, seperti memastikan bahwa sel-sel dalam tubuh Anda dapat berfungsi dan berfungsi dengan baik.

Isinya dapat membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi (metabolisme), memproduksi sel darah baru, menjaga sel kulit, sel otak dan jaringan tubuh lainnya agar tetap sehat.

Delapan jenis vitamin B:

a. Vitamin B1 (tiamin)

Jantung, hati, ginjal, dan otak mengandung tiamin dalam jumlah besar. Tubuh membutuhkan tiamin untuk:

Membusuk molekul gula (karbohidrat) dari makanan.
Buat neurotransmiter tertentu (bahan kimia otak)
Memproduksi asam lemak
Mensintesis hormon tertentu
Beberapa makanan yang mengandung vitamin B1 adalah:

  • Biji-bijian dan roti, sereal, pasta, dan nasi.
  • Daging
  • Trout
  • Kerang
  • Biji labu
  • Susu
  • Daging sapi
  • Buah segar
  • Kacang-kacangan, seperti kacang hitam dan kedelai

b. Vitamin B2 (Riboflavin)

Riboflavin sangat penting untuk energi, membantu tubuh memecah lemak, obat-obatan dan hormon steroid, mengubah triptofan menjadi niasin (vitamin B-3), mengubah vitamin B-6 menjadi koenzim yang dibutuhkan tubuh.

Makanan yang kaya akan vitamin B2 adalah:

  • Daging organ
  • Sereal Sarapan Kaya
  • Oatmeal
  • Yogurt dan susu
  • Sayuran
  • Ikan
  • Telur itu
  • Jamur
  • Kacang almond

c. Vitamin B3 (Niacin)

Tubuh mengubah niacin menjadi koenzim yang disebut nicotinamide adenine dinucleotide (NAD). NAD adalah bagian penting dari lebih dari 400 reaksi enzimatik yang berbeda dalam tubuh, tertinggi dari semua koenzim yang berasal dari vitamin.

Enzim ini berguna untuk:

Ini mengubah energi menjadi karbohidrat, lemak dan protein dengan cara yang dapat digunakan tubuh.
Proses metabolisme dalam sel-sel tubuh.
Komunikasi antar sel
Ekspresi DNA dalam sel
Makanan yang mengandung vitamin B3 adalah:

  • Daging sapi
  • Unggas
  • Ikan
  • Kacang kenari
  • Biji-bijian
  • Telur itu
  • Sayuran
  • Susu

d. Vitamin B5 (asam pantotenat)

Asam Pantotenat penting bagi tubuh untuk menghasilkan koenzim, protein, dan lemak baru.Sel darah merah membawa asam pantotenat ke seluruh tubuh sehingga mereka dapat menggunakan nutrisi dalam berbagai proses untuk energi dan metabolisme.

Makanan dengan asam pantotenat adalah:

  • Hati sapi
  • Jamur shitake
  • Biji bunga matahari
  • Ayam
  • Ikan tuna
  • Alpukat

e. Vitamin B6 (pyridoxine)

Vitamin B-6 atau piridoksin berperan dalam lebih dari 100 reaksi enzim yang berguna untuk:

Metabolisme asam amino
Memecah karbohidrat dan lemak.
Perkembangan otak
Fungsi kekebalan tubuh
Sumber vitamin B-6 terkaya meliputi:

  • Daging organ
  • Kacang
  • Ikan tuna
  • Salmon
  • Unggas
  • Kacang
  • Kentang
  • Sereal yang diperkaya

f. Vitamin B7 (biotin)

Vitamin B7 atau biotin memiliki peran penting untuk rambut, kulit, dan kuku. Tubuh manusia membutuhkan biotin untuk memecah lemak, karbohidrat dan protein, komunikasi antara sel-sel tubuh dan regulasi DNA.

Beberapa makanan yang kaya akan vitamin B7 adalah:

  • Daging organ
  • Telur itu
  • Salmon
  • Daging babi
  • Daging sapi
  • Wortel
  • Sereal
  • Kembang kol
  • Pisang
  • Biji bunga matahari